Beternak Sapi Potong

Usaha peternakan sapi potong di Indonesia telah lama dikenal masyarakat. Agar usaha ini dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi pemiliknya maka perlu diperhatikan bebrapa hal yang menyangkut Manajemen pemeliharaan ternak sapi potong, antara lain:

1. Seleksi Bibit

  1. Pejantan: Seleksi menyangkut kesehatan fisik, kualitas semen dan kapasitas servis.
  2. Betina : Seleksi menyangkut kondisi fisik dan kesehatan, kemiringan vulva tidak terlalu keatas, mempunyai puting 4 buah, bentuk ambing relatif besar dengan bentuk yang simetris.

2. Pakan

Pakan untuk ternak sapi potong dapat berupa Hijauan (rumput, kacang-kacangan dan limbah pertanian), konsentrat (dedak padi, onggok, ampas tahu) dan makanan tambahan (vitamin, mineral dan urea.).

Secara umum jumlah makanan yang diberikan untuk seekor sapi setiap hari adalah sebagai berikut :

- Hijauan : 35 – 47 Kg, atau bervariasi menurut berat dan besar badan.

- Konsentrat : 2 – 5 kg

- Pakan tambahan : 30 – 50 gr.

3. Kandang

a. Syarat Kandang

- Bahan kandang dari kayu/ bambu serta kuat

- Letak kandang terpisah dari rumah dan jaraknya cukup jauh

- Lantai dari semen/tanah yang dipadatkan, dan harus dibuat lebih tinggi dari tanah sekitarnya.

- Ventilasi udara dalam kandang harus baik.

- Drainase di dalam dan luar kandang harus baik.

b. Ukuran kandang

- Sapi betina dewasa 1,5 X 2 m/ekor

- Sapi jantan dewasa 1,8 X 2 m/ekor

- Anak sapi 1,5 X 2 m/ekorS

4. Sistem Perkawinan

  1. Hand Mating : Kawin alam yang teratur dimana sapi betina birahi dibawa ke tempat pejantan untuk dikawinkan atau di IB.
  2. Pasture Mating : Jantan dan betina kawin alam di padang pengembalaan
  3. Mengetahui Tanda Birahi tanda-tanda birahi yaitu ; selalu gelisah, mencoba menaiki sapi lain, vulva membesar dan kemerahan serta keluar cairan lendir, nafsu makan menurun.
  4. Mengetahui Tanda-tanda Melahirkan Tanda melahirkan seperti urat daging sekitar vulva mengendor, dikiri kanan pangkal ekorkelihatan legok, ambing membesar dan tampak tegang, sapi gelisah dll.

5. Kesehatan Hewan

Tindak pencegahan :

  1. Hindari kontak dengan ternak sakit
  2. Kandang selalu bersih
  3. Isolasi sapi yang di duga kena penyakit agar tidak menular ke sapi yang lain
  4. Mengadakan tes kesehatan, khususnya penyakit Brucellosis dan Tuberculosis.
  5. Desinfektan kandang dan peralatan
  6. Vaksinasi teratur.

Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang sapi seperti : Antrax, Ngorok, Keluron dan lain-lain. Untuk mencegah penyakit dapat dilakukan vaksinasi secara teratur dan pemberian obat sesuai jenis penyakit yang menyerang.

6. Tatalaksana Pemeliharaan

Tatalaksana pemeliharaan dapat dibagi 3 sesuai tujuan pemeliharaan :

  1. Tujuan untuk menghasilkan anak. Induk dan anak dipelihara bersama sampai anak disapih umur 6- 8 bulan dan kemudian anak dijual.
  2. Tujuan untuk menambah dan memperbaiki kualitas daging. penggemukan dapat dilakukan di kandang atau padang rumput. Lama penggemukan tergantung umur sapi. Bila umur 1-2 tahun dibutuhkan waktu 6 bulan. Bila umur sapi dewasa 2-3 tahun dibutuhkan waktu 4 bulan.
  3. Tujuan untuk bibit. Dipelihara sapi-sapi jantan dan betina dari jenis unggul.

7. Pemasaran

Pemasaran hasil ternak dapat dikoordinasikan dengan kelompok tani atau koperasi, dengan demikian biaya dapat ditanggung besama-sama. Produk dapat dipasarkan berupa daging atau ternak hidup, dan sebaiknya memilih standar harga per kg berat hidup.

104 Responses

  1. banyak kesulitan dalam penggemukan sapi potong, tetapi untuk saat ini yang paling sulit adalah mencari sapi bakalan.

  2. saya mau tanya, dimana tempat pembelian bibit sapi yang berumur 1 thn, saya tinggal di dearah surakarta, dan berapa harganya. terimakasih

  3. Senang bisa silaturahmi dengan mbak Yanti lewat media Jogjavet.
    Kebetulan saya juga sedang berusaha mengembangkan pembibitan pada petani peternak di daerah Jogja. Saat ini kami senantiasa mendampingi mereka, diantaranya dengan pelatihan dan pemeriksaan kesehatan hewan oleh team JogjaVet.
    Mbak Yanti membutuhkan berapa banyak bibit sapi, dan mencari yang berumur berapa bulan (6 bulan?)
    di Jogja untuk sapi jenis lemosin dan simental umur 6 bulan berkisar 5,5-7 juta, sedang brangus, PO, dan sejenisnya 3,5-6 juta.
    Saat ini saya juga sedang penelitian sapi jenis lemousin dan metal, untuk mencapai pertumbuhan dan bobot badan yang maksimal.
    Saya juga sedang mengembangkan probiotik yang dapat meningkatkan nafsu makan sapi. Dan hasilnya sangat signifikan. Sapi -sapi saya hanya kita beri makan jerami kering dan komboran, pertumbuhnnya cukup baik.
    Maaf cukup sekian, mbak Yanti, semoga sekilas ini dapat meneberikan manfaat. dan kita sambung di lain kesempatan.

    • wah tambah pengetahun nech ttg ternak sai…boleh share informasi, dimana kita bisa membeli bibit sapi yang sehat dan bagus,jenis apa saja…

  4. mohon arahan lebih lanjut untuk rencana penggemukan sapi…kandang, sumber bibit, sumber makan dan teknik pengelolaan serta manajemen pengelolaan dan penjualan,

  5. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.Untuk info lebih lengkap mohon hub. ke heru_n229_2000@yahoo.com dan mohon lebih dijelaskan lagi informasinya (seperti lokasi, jenis sapi, kondisi lahan, pakan yang tersedia, dll) agar dapat di emailkan jawaban lengkapnya.

  6. halo
    salam kenal
    saya 1th ini belajar piara sapi potong (jumlah 2-3 ekor) hasil yg diperoleh tidak begitu maksimal plus minus 500rb/ekor/bulan..paakah memang sepeti itu atau ada cara laen?saya tertarik dg cerita p heru,ttg penelitiannya yg menggunakan probiotik apakah bs diinformasikan lebih lanjut..kebetulan saya jug didaerah yk.. makasih…

  7. Nuwun Sewu Pak Heru,
    numpang tanya bisa minta info lebih lanjut tentang spesifikasi bibit sapi Metal dan Lemousinnya, harga segitu bibit jantan atau betina ya pak? Kalo gak keberatan mohon alamat bapak Heru dan Nomor telepon yg bisa di hubungi. Mau beli sapi kalo gak lihat sapinya gak muuuuanteb pak. Via sms bisa ya pak ? saya tunggu.

    Suwun,

    Tukiman,Sukoharjo-Jateng
    Hp. 0811182228

  8. say dwi dari banyuwangi saya ingin mengembangkan sapi lawat kelompok2 ternak dimana saya daoatkan benih sapai limosin yang inggul karena jenis itulah uanh paling ingin saya kembangkan di daerah saya dan dimana pasar yang nanti akan saya tuju andai kami sudah bisa menghasilkan sapi2 yang unggul

  9. saya mahasiswa mau lulus yang punya cita2 jadi peternak. sekarang posisi saya dijogja. esulitan utama saya adalah modal, adakah bantuan dari pemda untuk itu ya??
    gimana caranya??
    boleh dunk share ilmu2 teknis dilapangan..
    makasih..

  10. Assalamu’alikum.wr.wb

    Terima kasih atas perhatian pak dwi dalam situs kita ini. semoga dapat menjadi media kita saling tukar pengalaman dan membuat jaringan kerja sama. saya ada informasi tempat mendapatkan bibit unggul terutama lemosin dan simental. silahkan hubungi saya aja di alamat email heru_n229_2000@yahoo.com. dan mohon bapak kirim alamat email bapak.Dwi Riswanto, terimakasih.

  11. saya adlh seorang buruh, tp saya ingin alih profesi jd peternak /sapi . yg ingin sa tanyakan bgmn ciri2 bibit sapi lemousin , brahma,danbaiknya umur brp saya beli bibit sapi itu . andaikan saya ingin 3 bln/4 bulan sudah bisa di pasar kan ,matursuwun tolong kirim ke alamat email

  12. adi email:namja72@yahoo.co.id

  13. ane ingin ternak sapi… ada banyak macem sapi……. biasanya, sapi jawa (biasa), harga relatif murah, keuntungan relatif kecil………… sapi brahma, harga relatif mahal, keuntunga relatif besar……….. kalo mo, sapi aberdeen angus…. cuman, dimana beli bibitnya ya…. ……. saya mo buat dari awal, nanti kalo berhasil, antum bisa nitip/invest deh………… tolong ya… daerah dekat bojonegoro lho……..
    trims

  14. ane ingin ternak sapi… ada banyak macem sapi……. biasanya, sapi jawa (biasa), harga relatif murah, keuntungan relatif kecil………… sapi brahma, harga relatif mahal, keuntunga relatif besar……….. kalo mo, sapi aberdeen angus…. cuman, dimana beli bibitnya ya…. ……. saya mo buat dari awal, nanti kalo berhasil, antum bisa nitip/invest deh………… tolong ya… daerah dekat bojonegoro lho……..
    trims
    tolong ya..

  15. saya berkeinginan beternak sapi potong dengan bahan makanan sapi berupa konsentrat (tanpa rumput sama sekali), apa bisa?

  16. Saya sedang mencari bibit sapi pejantan, yang sudah di keluh umur sekitar 4-6 bulan
    saya tinggal di Kediri jawa Timur
    ada yang bida bantu?

  17. Mungkin kawan2 bisa bantu…! saya membutuhkan bibit bakalan sapi unggulan, seperti Limousin, Brahman, dll

    Saya tinggal di bekasi, kalo bisa alamat lengkap dan contact person dimana saya bisa dapat bibit2 tsb.

    Thanks berat

  18. Saya seoarang pekerja swasta ingin beternak sapi, sementara ini, saya sudah ada 2 ekor sapi jenis brahma, saya denger denger itu ada sapi yang cuma dikasih makan konsentrat, katanya itu cuma makan waktu pemeliharaan 3 s/d 4 bulan udah bisa dipasarkan, yang saya mo tanyakan dimana bisa dapatkan dan apa obat buat meracik konsentrat itu tadi, mohon petunjuk dan cara pemakaiannya, dan tip perawatan serta berternak sapi brahma atau leumosin tersebut, terima kasih

    mohon dibalas di email saya : cskomsel@yahoo.com

  19. Pak marsianto dapat hubungi saya di heru_n229_2000@yahoo.com
    atau 081 328 823 444

  20. Pak mardianto dapat hubungi saya di heru_n229_2000@yahoo.com
    atau 081 328 823 444

  21. Kagem Poro Kadang Sedoyo
    Bagi yang mau butuh sapi atau bibitan
    bisa hub. 081271414388
    Matur nuwun

  22. saya ingin tahu dmna sya mendapatkan bi2t sapi untuk pembesaran ddaerah cirebon trima ksh sblumnya

  23. Pak,saya ingin beternak sapi potong jenis barhman, dimana saya dapat bibitnya?

  24. saya seorang pekerja diLN trus sy kebingungan mo ngembangin usaha yg dirumah…eh aku buka2 internet beternak sapi potong dan kayaknya aku minat untuk ngembangin usaha dibidang ini.aku tlh baca sedikit banyak coment2 dr teman2 lewat jogjavet.yg aku motanya utk jenis bibit sapi antara brahma,lemosin,jg simental apa nggak sama dan tlg jelasin gimana keunggulan dan kelemahan masing2?untk jenis lemosin dan simental umur 6bln dgn harga 5,5-7jt membutuhkan wkt berapa bln penggemukan pak heru?aku berasal dari tulung agung jatim. mohon penjelasanya matur nuwun.

  25. say ngopi ya……..

  26. Buat Sdr Juariyah ataupun yang lainnya apabila membutuhkan bibit sapi import ACC (Australian Commercial Cross) Brahman, Simmental, Limousin umur 3-7 bulan dengan kisaran harga 5-7 jt. Betina bunting diatas 5 bulan harga 13jt-an. Hub : Adi hp. 081380096543 / 081905398360. Terima Kasih….

  27. Pak Heru bahan pakan probiotiknya dijual atau ada pelatihan untuk pembuatannya, bila ada pelatihan mungkin banyak teman-teman peternak yang ingin ikut, semoga hasil risert pak heru maju terus.

  28. buat pak haryono, dan semua yang budiman

    saya sangat senang jika anda ada waktu main ke jogja. ya kita bisa berdiskusi bersama juga tentang peternakan di Indonesia.
    untuk massalah probiotik nanti bisa kita diskusikan di jogja. kalau mungkin harus kita coba hasilnya, bisa kita kirim sampel probitiknya. sehingga jika memang cocok di kembangkan di sustu wilayah/daerah maka dapat menjadi lebih efisien.

    terimakasih.

    • saya mahasiswa dan sedang beternak sapi metal dirumah..
      Saya domisili solo…
      saya jg sering main ke jogja…
      Kalau boleh minta alamat pak heru…
      Mgkn kapan2 bisa main n searing.
      Heru:
      OK terimakasih, dengan senang hati.
      Telp aja dulu ya, 081 328 823 444

    • saya mahasiswa UNS dan sedang berlatih beternak sapi metal dan limosin dirumah..
      Saya domisili solo…
      mau tanya masalah probiotik yang sedang bpak kembangkan…..
      Kalau boleh minta alamat dan no.telp bapak heru…
      Mgkn kapan2 bisa main n searing.

      dengan senang hati.
      bila bapak dapat memberikan info lewat
      no. telp, 085647458711

  29. mohon info tentang beternak sapi, saya seorang pemula dalam hal ini, saya biasa ternak itik/bebek, sama ayam potong, berapa harga sapi yang baik?
    dng hotibin di banyuwangi
    call 0333 7748777

  30. tempat yang luar biasa, sebagai peternak yg baru coba2, aku kaget banget disini aku ada tempat utk mengali ilmu aku beternak bersama kelompokku di daerah kulon progo, aku mau tanya nih :

    1. utk jadwal kegiatan itu yang menyusun siapa trus pemeriksaan disini siapa yang memeriksa dan siapa pesertanya
    2. pakan hijauan yg dari fermentasi jerami cara bikinnya gimana dan perbandingan utk kasih makan ke ternak berapa persen dari kebutuhan pakan per hari.

    mohon bantuan teman2 utk dapat info ke saya tentang 2 hal itu salam kenal. bravo

  31. utk info diatas bs e-mail ke sumber.rejeki.cow@google.com

  32. Pak heru..
    saya mau tanya,bagaiman komposisi pakan yg baik dan dapat dengan cepat menambah berat badan pd sapi potong lokal.dan berapa lama waktu yg dibutuhkan utk penggemukan tersebut.trims.

  33. Pak Heru…
    Saat ini saya masih ragu,apakah beternak sapi itu bener2 menguntungkan?Karena saya ingin beternek sapi dengan modal pas2san,takutnya stelah saya terjun diternak sapi ini klo gagal modal yg ngepres ini hilang..sy ingin ternak sapi potong dg sistim paron,jadi yg melihara orang lain..matur sembah nuwun Pak Heru

  34. Dear, …..

    saya tertarik bisnis penggemukan sapi, saya minta informasi tempat untuk mendapatkan bakal / anak sapi yang bagus, klo bisa bakalan sapi australia, karena denger denger bagus & cepat pertumbuhanya, lokasi di jawa tengah yang dekat dengan grobogan, sukses..

    arif zubaidi

  35. Pak Heru….
    Saya berada di magetan dan pemula juga, saya mau belajar berternak sapi sekarang masih mencoba 5 ekor, saya titipkan ke petani, gimana caranya memprediksi harga jual kalau kita mau jual di pasar, dan bagaimana dengan probiotinya, kalau boleh minta no hp nya pak Heru. trims

  36. Ass. wr.wb Pak Agung
    Untuk investasi sapi memang kita perlu hati-hati. Kehati-hatian harus di jadikan media kita lebih teliti dalam menganalisa kelayakan usaha kita. Yang jelas usaha ternak sapi sangat di tentukan oelh kualitas bibit, ketersediaan Hijauan makanan ternak (HMT), konsentrat, kesehatan, perkandangan dan pola menejemennya.

    Tapi yang jelas menghadapi ‘idul adha 2 bulan kedepan harga sapi pas membaik. Kalau ibu mau invest saya kira masih sangat prospek.

    setiap ‘idul adha saya jual kambing dan sapi juga unutk melayani masjid-masjid di Jogjakarta. Apakah ibu mau invest??

    Silahkan kontak saya di heru_n229_2000@yahoo.com

    Wassalam.wr.wb.

  37. tolong berikan materi tentang dasar dan ilmu pemulihan ternak. toloooong??? dan klo bisa kirim di email sayaaldus_ekung@yahoo.com

  38. Salam kenal pak Heru.
    Lgs saja pak,
    saya sedang mencoba ternak sapi (bukan penggemukan) , modal 4 induk , sistem perawatan gaji bulanan (bukan paron) , pertengahan puasa ke4 nya sudah beranak 2 jantan , 2 betina.
    Selama ini saya tergantung dengan pakan hijauan saja ( rumput,daun jagung, pucuk tebu ) saya didareah Mojokerto, kesulitan terbesar adalah belum tahu cara membuat pakan dari jerami dan limbahnya ( kotoran padat), barangkali dari komunitas ini saya bisa belajar membuat pakan dari jerami ?
    Ada beberapa sudah saya unduh dari website tapi tidak ada gambarnya (saya baca text jadi mupenk )
    Sekian email saya , barangkali p.Heru bisa bantu saya , matur suwun

  39. bagai mana cara menetukan atau ciri-ciri sapi yang baik

  40. bagai mana cara menetukan atau ciri-ciri sapi yang baik untuk pengemukan sapi potong

  41. Maaf pak saya mau tanya ciri-ciri sapi :
    1.Meta
    2.limosen
    3. Bremen
    dan untuk penggemukan paling bagus mana,dan dikasih makan apa saja?
    trus waktunya berapa lama?
    tolong beri saya jawaban ,trimakasih atas jawabanya.
    trims…….

  42. nuwun sewu pak heru, mau tanya harga sapi umur 1 thn yg super berapa ya… jns simental laki2 . matur nembahnuwun

  43. Sudah sekitar enam tahun terakhir ini bersama dengan kelompok ternak, saya mengembangkan pembibitan berbagai jenis sapi : simental, limousin dan PO dengan sistim bagi hasil. Lokasi usaha kelompok di Kabupaten Bantul. Saat ini jumlah anggota kelompok ada 32 orang dengan 43 ekor ternak.

    Ada 4 kelompok sapi :
    1. kelompok menyusui
    2. kelompok yang bunting
    3. kelompok yang sudah kawin (kebanyakan IB)
    4. Kelompok yang siap kawin.

    Mari kita tingkatkan jumlah populasi sapi sekaligus membantu program pemerintah dalam pengadaan bibit sapi. Terima kasih dan salam.

  44. halo salam kenal dari saya
    terima kasih ada web yang sangat banyak membantu saya dalam mencari informasi tentang seluk beluk ternak. smoga semakin bermanfaat

  45. Salam Kenal,
    Mohon bantuan informasi untuk tempat pembelian sapi bakalan di daerah Ponorogo, apakah ada yang bisa menginformasikan kepada saya ?

    Terima kasih

  46. Salam Kenal,
    Mohon bantuan informasi untuk tempat pembelian sapi bakalan di daerah Ponorogo, apakah ada yang bisa menginformasikan kepada saya ?

    Mohon informasi dapat dikirim ke nurcahyo_buwono@yahoo.com

    Terima kasih

  47. Aslm
    salam kenal dari saya…
    minta bantuannya mas, berapa harga bibit sapi jenis limosin dan simental…..
    dan dimana tempat saya bisa mendapatkannya ?
    mengingat saya domisili di Pati…
    Wslm….

  48. tolong donk.. gimana caranya buat pakan konsentrat yang hematt. tks

  49. aku saat ini baru merintis ternak sapi , saat ini ada 5 ekor sapi yang saya pelihara dgn cara gaduh
    yang ingin sya tanyakan:

    1.utk meningkatkan nilai tambah cara ini, apakah ada suatu system pemeliharaan yg efective dalam meningkatkan pertumbuhan ternak

    2. untuk sapi bakalan jantan sebaiknya di cari yang umur berapa dan ukuran tinggi berapa ,standar harganya berapa dan dimana bisa saya peroleh bakalan yg memiliki standarisasi yang bagus

    utk rekan2 semua mohon dapat berbagi ilmu dgn saya

    saya berdomisili di caruban madiun

  50. kepada Pak Heru
    Saya sudah berternak sapi potong(simetal, limosin) 3-4 tahun…. LAba KOtornya lumayan juga …..akan tetapi mahalnya harga Bibit simetal dan Limosin serta mahalnya harga Konsentat, seakan membuat laba bersihnya sangat minim….
    yang mau saya tanyakan…. dimana mencari bibit sapi yang terjangkau(metal/ limosin 1-1.5 tahun)… serta tempat mencari konsentrat sapi yang murah dimana?perkilonya berapaan?…
    Thaks Before

  51. Saat ini saya sudah punya 4 ekor sapi yang saya titipkan di petani insyaallah saya ingin menambahnya 4/5 ekor lagi, mohon bantuan informasi pembelian sapi jenis limosin yang berusia dibawah 1 tahun dan harganya, saya berencana 1 tahun lagi semua sapi tersebut akan saya jual semua, dan saya akan berternak sendiri dirumah. Mohon penjelasan analisa usahanya, cara pemeliharaan yang efisien, pakan dan apabila saya menggaji karyawan bulanan apa masih menguntungkan terima kasih aang – ngawi 081 326 998 447

  52. Saya ingin beternak sapi,,,asal daerah saya Yogyakarta.
    Saya ingin minta alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

    tolong balas ke email saya
    u_must_knowme@yahoo.co.id

    terima kasih banyak sebelumnya

  53. Ass. Pak Heru..
    perkenalkan nama saya marwan riyandi, saya mau memulai usah ternak sapi potong di daerah sawangan magelang. Kebetulan saya menjalankan usah ini berdua dengan teman saya, modal yang kami miliki sangat mini dan kami belum memiliki pengalaman sama sekali. mohon sharing pengalaman dari pak heru tentang bagaimana memulai usaha ini. terima kasih sebelumnya…

  54. mohon informasi mengenai bibit sapi potong yang unggul
    seperti limosin atau simmetal
    bisa hubungi saya Via e-mail budi@ifp.co.id
    Thanks

  55. Dh,

    Pak Heru saya sudah memulai usaha ternak sapi hampir 1,5 tahun di Kediri, untuk penggemukan saya merasa mengalami kegagalan. Maka sekarang saya mengalihkan usaha ke Pembibitan, sebenarnya saya masih tertarik usaha Penggemukan, sekarang saya punya indukan 5 ekor.

    Yang saya tanyakan :
    1. Kalau untuk indukan yang asli dari Australia saya bisa
    dapatkan dimana dan berapa kisaran harganya yang
    sudah bunting?
    2. Kalau untuk Penggemukan itu sebenarnya mulai usia
    berapa?, karena setahu saya (mungkin kurang tahu)
    harga untuk 4-7 bulan sekitar 5,5 jt-8 jt. Nah kalau saya
    pelihara selama satu tahun bisa laku kisaran berapa?

    Tolong pak Heru bisa memberi informasi.
    Thank’s

  56. kalo untuk bikin reaktor biogas gimana instalasinya beri penjelasan trmkash

  57. saya sedang mencari tempat/kelompok peternak yang menjual bibit sapi simental?? tolong Bpk bisa memberi informasi kepada saya di poenya_gw84@yahoo.com
    Thank’s

  58. Ass.Wr.Wb. Pak Heru
    saya dari trenggalek,mau tanya kalau beli anakan sapi brahman umur 6 bulan sejumlah 4 ekor itu kira-kira berapa harganya?dengan jumlah 4 ekor kira2 saya butuh berapa pekerja dan apa saya masih bisa dpat laba-matur nuwun sakderengipun pak heru

  59. mbak sya mau tanya klo penggemukan sapi untuk jangka 1th kita harus beli bibit(pedet)yang kira2 umur berapa ya ???

  60. Mas Yun, kayanya kLO Mu peliahara sapi selama 1 tahun gak menguntungkan.Kalo kita bisa pelihara 3 bulan lebih bagus. Umur sapi untuk dipotong juga gk perlu terlalu tua. Umur 1 tahu sudah bisa dapet berat 400kg lebih.
    Saya berencana pelihara sapi sendiri di daerah Cikarang. Ada penjal bibit di daerah Cianjur seharga 22.700 per kg. Hasilnya dijual 22.000 per kg. Permasalahan saya adalah modal. Ada yang punya masukan bagaimana caranya mengakses kredit dari bank?
    Terima kasih.

  61. untuk penggemukan biasanya hanya 3-4bulan. untuk penggemukan 1 tahun saya kira kurang produktif karena akan menambah biaya pakan. usia sapi untuk penggemukan diatas1tahun,jika kurang dari 1tahun pedet masih dalam masapertumbuhan,pakan bukan untukpembentukan daging tapi untuk tumbuh.

  62. kagem poro sederek engkang badhe mbetah aken pakan yg berkualitas KONSENTRAT, MINERAL UGI PIL SUPER MULTI NUTRIEN ( yg fungsinya untuk memaksimalkan ADME Absorbsi,Distribusi,Metabolisme dan Exskresi sehingga efisiensi konversi pakan) dijamin pakan yg berkwalitas siap antar sampai lokasi kandang………harga damaiiiiiiii bisa dilakukan trial product atau di coba dulu GRATIS dengan syarat untuk kepentingan kelompok ternak atau peternak yg sapi nya lebih dari 50 ekor…….matur nuwuuuuun
    saget calling 0818 0456 9453 atawi e-mail makarti.budi@yahoo.co.id

  63. ”Saya berencana pelihara sapi sendiri di daerah Cikarang. Ada penjal bibit di daerah Cianjur seharga 22.700 per kg. Hasilnya dijual 22.000 per kg. Permasalahan saya adalah modal. Ada yang punya masukan bagaimana caranya mengakses kredit dari bank?”
    cikarangnya di mana ya?boleh dong main ke situ mau belajar cara ternak sapi”,rickysp@lge.com”
    japri aja ya.cara mengakses kredit ke bank saya punya tips and triknya.ditunggu ya.

  64. assalamu alaikum wr wb.
    malam pak… slam kenal ..!Sy tinggal d Madiun..dan sekarang sedang menjalani training d jpng..Stelah pulang sy pingin usaha penggemukan sapi metal Pak.Yg ingin Sy tanyakan…!utk penggemukan pembelian bibit umur berapa Bulan pak yg baik…?utk biaya per ekor sapi penggemukan membutuh kan berapa Pak…?Dan tlng info pembibitan d daerah saya pak …. ni aja dulu Pak tlng infonya…….

  65. saat ini saya sudah mempunyai kandang sapi..tp mau tau cara mendapatkan sapi jenis simental itu dimn ya dan cara mendapatkan perawatan sapi yang baik itu bagaimana …tolong bls ke emailku ya..makasih

  66. pakan penunjang apa yang paling ampuh ,agar sapi cepat gemuk?,,,,,,,,,dalam waktu 3 bulan dengan pertambahan berat yang signifikan.Tolong kirim ke email saya the_rockmanticfly@yahoo.com ,,rincian bahan dan cara mendapatkannya

  67. apa hubungannya penambahan garam pada komboran, dan jenis garamnya apa? saya memiliki sapi betina untuk diternak, sebagai indukan, sekitar 2 – 3 bulan lagi mungkin sudah mulai minta kawin.

  68. pakan yang baik harus memiliki berbagai garam mineral yang dibutuhkan bagi tubuh baik untuk pertumbuhan dan reproduksi. garam – garam tersebut seperti pospat, kalsium, kalium, iodium. garam yang ditambahkan pada komboran umumnya garam dapur yang beriodium berfungsi untuk pertumbuhan dan menambah nafsu makan, untuk pertumbuhan baik ditambahkan tokolan yang mengandung vit E. untuk masa pertumbuhan, bunting dan menyusui baik diberikan ultramineral yang banyak diperjual belikan.

  69. Salam kenal,
    Saya sangat tertarik berinvestasi di dunia persapian.
    Siapa yg bersedia menjadi patner bisnis untuk pengadaan sapi bakalan metal or limosin untuk suplai wil yogya-bantul?

  70. salam kenal pk. Heru,
    saya pengin ternak penggemukan sapi potong tapi saya ini buta tentang sapi maka saya minta tolong kasi tau bagaimana cara beternak sapi potong dari mulai pembibitan, pakan serta sistem kandangnya. dan yg tak ketinggalan pasarnya. bilamana perlu bisa gak saya bisa mendapatkan buku2 tentang peternakan sapi potong. makasih pk. Heru.

  71. Mohon informasi tentang berapa umur sapi yg ideal untuk di gemukkan dan berapa lama waktu penggemukkannya. Berapa harga sapinya dan setelah digemkkan bisa dijual kembali dengan harga berapa ya pak. Saya tertarik untuk penggemukkan sapi potng. terima kasih atas informasinya. Wassalam

  72. untuk penggemukan di usahakan umur 2 th, lama 2-3 bln

  73. makasih pak,saya tertarik dengan infonya,saya udah punya sapi tapi dipelihara orang.rencana mau nambah lagi.jika join sama bapak gimana prosedurnya dan bagi hasilnya terimakasih.

  74. asalamu alaikum pak heru sy pernah dengar presiden sby kurban sapi dg bobot terberat klo boleh tau itu jenis apa y,,,,,klo jenis tsb berapa harga bakalannya?

  75. untuk teman 2.atau siapa aja sy mau pelihara sapi metal rencana di utara prambanan jateng kira 2, bakalan metal berapa harganya dan beli di mana. rencana sih 2 dulu sebagai orang pemula no 08123270249

  76. MOHON DENGAN HORMAT DI BERI PERHIITUNGAN USAHA SELAMA SATU TAHUN UNTUJ 10 SAPI

  77. assalamualaikum pa … saya pengen belajar berternak sapi pedaging yg baik dan dimana beli bibit sapi yg bagus rahman dr sumedang

  78. saya baru mencoba usaha berternak sapi………… untuk awalx apa yang harus diperhatikan ya

  79. Saya tertarik sekali dg usaha sapi potong, mohon informasinya bgm kontruksi kandang semi permanen yg ideal.

  80. Saya tertarik dengan usaha penggemukan sapi. Mohon dikirimkan artikel tentang usaha penggemukan sapi tsb. E-mail saya: ccp@inti.co.id
    Salam,

  81. untuk sapi limosin dan simental apakah tidak ada suhu derajat tertentu yang cocok untuk mereka sebab ana ingin ternak tapi daerah ana kalau musim kemarau cukup panas dan pakan apa yg cocok untuk kedua sapi tsb di daerah ana limbah pertanian tdk ada yg memanfaatkan dan ini prosfek yg sangst bagus kalau bisa memaanfaatkan hal tsb dan adakah cara yg bisa menjadikan jeramimpadi sebagai pakan yg sangat begizi dan bagaimana membuat sapi supaya nafsu makanya tinggi .sukron mas heru ana minta jawabanya

  82. Pak Heru

    salam kenal
    Saya sangat tertarik dengan ternak sapi, setelah saya baca ternyata perkembangan peternak sapi di Indonesia sangatlah makmur .
    Saya dari Surabaya….. minta petunjuk dari Pak Heru sehubungan dengan penggemukan sapi dan bagai mana analisanya……ternak sapi dan sebelumnya saya haturkan Matur nuwon
    jawabab bisa di emaikan di merna_ct@yahoo.com

  83. asalamualaikum,,saya mahasiswi dari semarang,,sedang mencari tempat untuk PKL,,saya ingin di jogja,,
    adakah info peternakan sapi atau kambing di daerah jogja??
    terimakasih,,
    ini email saya ah_madd@yahoo.com

  84. Terimakasih atas infonya

  85. tatacara penanganan ternak sapi sebelum pemotongan di RPH tu gmn ya dan penyeba stres pada sapi serta bagaimana penanganannya setelah habis melakukan perjalanan jauh

  86. salam kenal

    saya sekarang lagi mencoba untuk memelihara 6 ekor sapi, cuma yang menjadi masalah adalah lahan untuk rumput gajah yang sangat2 sedikit, sementara kalau sewa mahal, maunya saya menggunakan perbandingan pakan 60% : 40% , dimana 60% pakan basal, 40% konsentrat/tambahan dan pakan basalnya jerami padi, pertanyaan saya apakah bagus memberikan sapi untuk penggemukan 100 % jerami padi yang difermentasi untuk pakan basalnya, terima kasih

  87. untuk mengurangi stress saat pemotongan sebaiknya sapi setelah sampai di RPH di istirahatkan dulu selama 12 jam dan dipuasakan cuma dikasih minum saja sebelum dipotong.
    ini juga bisa meningkatkan kualitas daging.

  88. penggemukan sapi dapat diberikan pakan jerami fermentasi…untuk studi banding lebih lanjut dapat berkunjung ke lembah hijau farm di solo.
    dalam pemberian jerami fermentasi sebelum diberikan di angin2kan dulu untuk mengurangi kadar amoniaknya.

  89. bagaimana kompsisi makanan sapi yang bagus jantan atau pun betina ?

  90. Hallo Peternak. Semangat- semangat, yok. …..
    Lebaran haji mau tiba saat inilah, kita bangkit

  91. OK terimakasih Pak.
    Dia atas sebenarnya sudah kita berikan wacana tentang pakan. Pakan terdiri dari pakan Hijauan, Penguat dan Pengeyang. Paakan Hijauan miniamal 10% dari BB, penguat adalah kosentrat yang lengkap mengandung nutrisi terutama protein dan mineral, dan pakan pengeyang bisa di berikan Hay jerami, limbah pertanian lainnya.
    Pakan penguat dapat berasal dari bungkil kedelai sumber protei dan kelapa sawit sumber lemak, limbah ampas tahu dll.
    Jumah pemberian sekitar 2-3 kg kondisi kering. kapan kapan kita bantu untuk mengetahui kanduangan masing-masing bahan dan cara menghitung lebih detail dengan present square.

  92. Qo bisa harga sapi lokal turun drastis ya pak??sedangkan untuk pakan tambahan ternak melejit naik!!!!

  93. siang,saya royikin dr batang, mau tanya soal harga sapi tuk limosin umur 4-5 tahun,trus bbot brapa ,mhon infonya mkasih

  94. royikin batng hon info harga sapi limosin, simental usia 4-5 bln dan bbot sapi per ekor

  95. RSI SAKINAH MOJOKERTO telp/sms : +6285648280307

  96. sya ingin nyari bibit sapi, dimana ya klo didaerah jogja n jateng

    • Assww. Selamat siang Pak Waluyo. senang berjumpa dengan Bapak. Jenis sapi yang bapak cari apa, mungkin bisa di samapaikan kriteria/spek-nya. Bisa hubungi Heru (081 328 823 444 )

  97. Bachri 0294385167 mau beli sapi SIEmetal umur 2,5 th.dan LIemosin umur 2,5 th masing-masing satu ekor siapa yg punya,berapa hargamu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: