Pemeriksaan Kebuntingan

Suatu pemeriksaan kebuntingan secara tepat dan dini sangat penting bagi program pemulia-biakan ternak. Kesanggupan untuk menentukan kebuntingan secara tepat dan dini perlu dimiliki oleh setiap dokter hewan lapangan atau petugas pemeriksa kebuntingan. Palpasi perektal terhadap uterus, ovarium dan pembuluh darah uterus adalah cara diagnosa kebuntingan yang paling praktis dan akurat pada sapi. Pada pemeriksaan perektal tangan dimasukkan kedalam inlet pelvis dan dengan telapak tangan yang membuka kebawah, tangan digerakkan kesamping, keatas dan ke sisi lain. Apabila tidak ada struktur yang teraba, uterus berada di lantai pelvis, cervik atau uterus teraba di tepi pelvis pada sapi tua. Cervik yang keras dan ketat mudah dilokalisir pada lantai pelvis atau di kranialnya. Korpus, kornu uteri dan ligamentum interkornualis pada bifurcatio uteri dapat dipalpasi pada sapi yang tidak bunting atau pada kebuntingan muda. Ovarium dapat teraba dilateral dan agak cranial dari cerviknya ( Toelihere, 1985).

Berikut ini adalah tanda-tanda kebuntingan pada sapi yang diidentifikasi secara perektal:

Tabel 1. Tanda-tanda kebuntingan pada sapi yang di PKB

Bulan

Keterangan

3

Kornu sebesar bola voli, letaknya sudah sedikit tertarik ke rongga perut, arteri uterina media jelas teraba dan terasa seperti desiran air mengalir, teraba kotiledon sebesar kedelai, membran fetus teraba.

5

Fetus sudah masuk ke rongga abdomen dan sulit teraba. Servik teraba seperti selang pipih, karena uterus tertarik ke rongga perut disebabkan karena berat fetus dan volume amnion bertambah volumenya. Plasentom teraba sebesar uang seratus rupiah, fremitus arteria uterina media teraba mendesir dengan pembuluh darah yang sebesar sedotan

6

Posisi fetus sudah kembali sejajar dengan pelvis, osifikasi fetus sudah teraba jelas, teraba adanya fremitus arteria uterina media

7

Fetus sudah teraba teracak dan mulut, teraba adanya arteria uterina media.

9

Ujung kaki depan dan moncong fetus sangat dekat dengan rongga pelvis, pada akhir masa kebuntingan otot-otot sekitar tulang panggul kelihatan mengendur, vulva sedikit membengkak dan lendir banyak keluar. Teracak, mulut, ukuran fetus semakin membesar dan fremitus arteria uterina media semakin jelas.

(Toelihere, 1977)

About these ads

11 Responses

  1. gmn cara nya mendiagnosa kebuntingan dengan cara kimia??

  2. pada ternak yang di IB, Pemeriksaan kebuntingan sangat perlu dilakukan untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan IB dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi dampak kerugian petani karena ketidakberhasilan IB.

  3. Pemeriksaan Kebuntingan dengan cara kimia pada sapi dengan pemeriksaan kadar hormonal (Progesteron Assay). Kebuntingan ditandai dengan kenaikan kadar hormon Progesteron dalam darah. Uji ini jarang diaplikasikan pada sapi karena mahal dan membutuhkan peralatan khusus.

    • kalo boleh saya minta untuk di kirimi metode pemeriksaan kebuntingan mll kimia, dan kapan ada pelatihan inseminasi buatan sapi atau course untuk umum th 2010 diadakan mohon informasinya ….. terima kasih

      Penggemar ternak sapi

      P Dwi Harjanto
      PSIK FKU ugm

  4. mas, infonya sangat membantu saya yg baru mulai usaha ini…..
    ada alamat yang bisa saya datangi gak, unutk sekedar konsult atau ngobrol2 (silaturahmi) kebetulan saya juga domosilinya di jogja
    trims infonya

  5. mendianogsa kebuntingan 3 bulan tidak semudah membalikan telapak tangan

  6. Pada dasarnya mendiagnosa kebunutngan, sangat memerlukan keteletian dan ketepatan serta pengalaman.
    Langkah awal yang dapat kita lakukan selaku tenaga IB
    a. harus melakukan Ib dengan serius, tepat, dan hati2.
    b. harus mampu memastikan, kualitas kesuburan sapi (masa suburnya), Ingan masa subur hanya 18 jam, dengan tingkat keberhasilan yang berbeda, beda pada masing-masing jam, dan INGAT masa subur terbaik hanay pada jam ke 7-12.
    c. Mengadministrasikan pelakasanaan Ib dengan baik, tertib dan benar.
    c. Mngecek kebuntingan PKB triwulan I, II, III atau sesuai kebutuhan unutk mengetahui perkembangan fetus.
    Proses ini dilaksanakan dengan serius dan berulang-ulang untuk mendapatkan pengalaman perkembanagn fetus tiap bulannya.

  7. memang untuk melakukan pemeriksaan kebuntingan secara baik dan tepat diperlukan jam terbang yang tinggi apalagi usia 2-3 bulan kebuntingan. untuk induk dara akan lebih mudah daripada induk yang pernah melahirkan, induk dara 2 bulan bisa di tentukan walaupun untuk induk yang pernah melahirkanpun bisa tapi memrlukan jam terbang yang telah tinggi.

  8. [...] Pemeriksaan Kebuntingan Posted on March 18, 2008 by jogjavet [...]

  9. secara kimia ga ada ya mas keterangannya..perlu untuk laporan kebidanan nih….ckckkckck _cencen eska FKH Unsyiah_

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: