Fenomena Mudik Lebaran

penitipan_hewan_jogjavet.jpg

Saat mudik telah tiba karena pekan depan Lebaran. Tidak saja warga Jogja di perantauan pulang kembali ke kampung halaman namun ada pula penduduk kota itu yang mudik ke daerah asal. Belum lagi Jogja sebagai kota pelajar, sebagian besar mahasiswa perantauan enggan melewatkan mudik lebaran untuk pulang ke kampung halaman. Yang memiliki hewan peliharaan pribadi agak kerepotan tentunya.

Si Catty, Pleky, atau Dogy, anjing, kucing, atau satwa peliharaan terpaksa harus berpisah dengan sang tuan, di kala mudik lebaran seperti yang akan segera tiba. Tetapi, perpisahan sesaat ini tidak selalu mudah untuk sang pemilik maupun si hewan peliharaan itu sendiri.

Alasan pemilik meninggalkan hewan kesayangannya utamanya di kala mudik adalah kesulitan dalam membawanya, membawa hewan peliharaan dengan angkutan umum jelas tidak memungkinkan sedangkan dengan kendaraan pribadi tetap saja beresiko terhadap kenyamanan hewan maupun pemilik sendiri. Selain itu pada hari raya biasanya banyak tamu agar tidak menjadikan tamu merasa tidak nyaman. Atau juga sebaliknya, agar sang hewan merasa tidak terganggu kenyamanannya dengan adanya orang yang bertamu atau malah menginap di rumah. Meninggalkan hewan di rumah juga beresiko, kebanyakan pembantu juga ikutan mudik lebaran sehingga tidak ada yang menjaga. Pemilik biasa khawatir hewan tersebut tidak ada yang merawat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: