Mudik Lebaran Tanpa Perasaan Waswas terhadap Keselamatan Piaraan

Yogyakarta, Kompas – Menjelang Lebaran, beberapa mahasiswa dan keluarga yang mudik mulai menitipkan hewan peliharaan ke tempat penitipan hewan, yang secara dadakan banyak bermunculan. Selain menawarkan jasa penitipan hewan, mereka memberikan pelayanan tambahan untuk memandikan, merawat kesehatan, hingga memberikan obat antikutu.

Beberapa mahasiswa dan alumnus Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada yang tergabung dalam Jogja Veteriner memanfaatkan tingginya konsumen dengan membuka tempat penitipan hewan di Jalan Manggis Utara Fakultas Peternakan UGM. “Meski baru buka, kami sudah menerima banyak permintaan,” ujar dokter hewan Painem, Selasa (9/10).

Menurut Painem, jasa penitipan hewan tersebut dikelola bersama enam rekan. Tiap petugas akan bergantian menjaga setiap hewan peliharaan yang dititipkan. Meski berstatus mahasiswa dan dokter hewan, mereka tidak mudik Lebaran karena penduduk asli Yogyakarta. Beberapa rekan mereka dari Jogja Veteriner juga membuka penitipan hewan di tempat lain.

Tempat penitipan hewan itu mampu menampung sekitar 50 ekor binatang. Hingga saat ini ada 16 orang yang booking tempat. Harga yang dipatok untuk biaya penitipan kucing dewasa Rp 40.000, sedangkan harga untuk anjing dewasa tergantung ukuran, rata-rata Rp 50.000.

Dengan dana itu, tiap hewan bisa memperoleh fasilitas makan dua kali sehari. Pelanggan diperbolehkan klaim jika hewan sakit atau mati. Hewan yang dititipkan, antara lain, harus sehat, bebas kutu, dan sudah divaksin dengan menunjukkan buku vaksin. Kesayangan

Salah seorang pemilik hewan peliharaan, Citra, datang untuk menitipkan seekor kucing jenis Persia. Meski di rumah juga ada beberapa hewan lain seperti anjing, burung, dan ikan, Citra mengaku hanya akan menitipkan kucing tersebut. “Ini hewan kesayangan, yang lain cukup dititipkan ke pembantu di rumah,” tuturnya.

Dengan menitipkan di tempat penitipan hewan, Citra berharap tidak perlu waswas kala harus mudik bersama keluarga ke Magelang. Apalagi, tempat penitipan hewan tersebut juga dilengkapi dengan jasa dokter hewan sehingga kesehatan hewan peliharaan bisa terjamin.

Pemilik hewan peliharaan lain, Gunawan, menyatakan sangat terbantu dengan hadirnya tempat penitipan hewan. Sebelumnya, ia biasa menitipkan hewan ke rekan kos yang tidak pulang ketika Lebaran. Meski cukup repot memelihara hewan sembari kuliah, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM ini mengaku telanjur suka memelihara anjing di kamar kos. (WKM)

One Response

  1. saya mau donk part time di penitipan binatang piaraan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: