Mudik Tenang, Hewan Piaraan Aman

JAKARTA Ingin mudik tenang tanpa kepikiran meninggalkan hewan piaraan? Tempat penitipan hewan adalah solusinya. Fasilitas yang lengkap membuat hewan kesayangan tak kesepian.

Mudik memang telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Berkumpul dengan anggota keluarga seakan menjadi suatu kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan. Setidaknya itulah yang terjadi setiap tahun, khususnya menjelang Lebaran. Banyak keluarga di kotakota besar di Indonesia, menempuh berbagai cara untuk bisa mudik. Namun, bagaimana dengan hewan peliharaan yang tidak mungkin dibawa mudik.

Jangan khawatir! Sebab, di Jakarta sudah banyak bermunculan bisnis pet shop yang menerima jasa penitipan hewan, hingga bisnis khusus yang menyediakan jasa penitipan hewan. Selain menyediakan jasa penitipan, kehidupan hewan-hewan kesayangan di tempat ini cukup terjamin. Sebab, banyak di antara penitipan hewan yang memberikan fasilitas tambahan, seperti salon, dokter hewan, hingga makanan berkualitas.

Lengkapnya fasilitas tersebut tentu saja tidak akan ditemukan jika hewan dititipkan di tempat kerabat atau tetangga. Selain merepotkan orang lain, tentu saja tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjaga dan merawat hewan. Sulitnya lagi, tidak semua orang menyukai hewan peliharaan. Hal tersebut tentu membuat banyak orang berpikir dua kali untuk menitipkan hewan kepada orang-orang terdekat.

Kemudahan untuk menitipkan hewan ketika pemilik mudik ataupun berlibur, diberikan oleh banyak tempat penitipan hewan di Jakarta. Salah satunya adalah Secure Animal Keeping, yang beralamat di Jalan Batu Ampar, Condet, Jakarta Timur. Berbagai fasilitas menarik ditawarkan kepada para pemilik hewan agar tidak waswas ketika mudik.

Fasilitas yang ditawarkan, antara lain kandang yang cukup luas, sarana latihan, makanan berkualitas. “Kami memang baru pindah dari Puncak, Jawa Barat. Namun itu bukan masalah, untuk satu hari kami menawarkan jasa penitipan hewan dengan harga Rp60.000. Itu kami jamin hewan mendapatkan makanan dan perawatan berkualitas,” ujar pengelola Von Valencia DTC Christian.

Lebih lanjut, ditambahkan Christian, untuk memberikan keleluasaan dan kenyamanan kepada hewan-hewan yang dititipkan, Von Valencia DTC menyediakan kandang dengan ukuran besar. “Di sini kami memiliki 14 kandang. Semuanya berukuran besar dan nyaman untuk binatang,” ungkap Christian.

Hal senada juga diungkapkan Wawan, salah seorang pengelola tempat penitipan hewan dari Yogyakarta yang dikenal dengan Jogja Pet. Menurut dia, bisnis penitipan hewan akan semakin menjanjikan, baik di Jakarta maupun di Yogyakarta. Sebab, mudik bukan hanya terjadi di Jakarta, di Yogyakarta para perantau juga banyak yang mudik ke kampung halaman. “Kalau yang dititipkan itu kucing, kami biasanya menawarkan harga Rp40.000, sedangkan kalau anjing, kami mematok harga berdasarkan besar atau kecilnya anjing,” paparnya.

Untuk menarik minat masyarakat menitipkan hewan-hewannya ketika mudik, tempat- tempat penitipan hewan tidak lupa memberikan berbagai fasilitas, seperti tes kesehatan gratis untuk binatang yang dititipkan, memberi vaksinasi, hingga fasilitas jalan-jalan setiap sore. “Fasilitas lainnya yang kami berikan adalah vaksinasi antikutu kepada hewan-hewan yang masuk. Itu cukup membuat penitipan ini semakin diminati,” ujarnya.

Berbeda dengan Von Valencia DTC dan Jogja Pet yang memberikan pelayanan lengkap dengan fasilitasnya, Gandar Animal Pet memberikan fasilitas yang tidak kalah unik, yaitu mengadakan benda-benda permainan untuk anjing ataupun kucing yang dititipkan. “Selama berpisah dengan majikannya, hewan-hewan itu biasanya akan sedih. Jadi, agar hewan-hewan yang dititipkan tidak sedih, kami fokus pada permainan-permainan,” ujar pengelola Gandar Animal Pet Widodo Amru. (bernadette lilia nova/sindo/via)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: