TITIPAN HEWAN LARIS JELANG LEBARAN; Ditinggal Mudik, Casper Harus ’Check Up’

Kedaulatan Rakyat 10/10/2007 09:07:09 DENGAN berat hati Citra (21) mahasiswa sebuah PTN di Yogya menyerahkan Casper kepada salah satu dokter hewan. Casper, bukan hantu dalam film kartun, tetapi seekor kucing Persia yang lucu. Hewan itu terpaksa dititipkan di tempat penitipan hewan karena hendak ditinggal pemiliknya mudik ke Magelang. Sebelum dimasukkan kandang, Casper harus menjalani sejumlah pemeriksaan kesehatan, mulai general check up, pemberian vaksin dan obat anti kutu. Selang beberapa saat Gunawan (22) mahasiswa asal Ponorogo, Jatim mengantarkan anjing piaraannya. ”Supaya kesehatannya tetap terjaga agar saya bisa mudik dengan tenang,” alasan Gunawan menitipkan anjing ras campuran ke Jogja Veteriner, Selasa (9/10). Mendekati Hari Raya Idul Fitri geliat penitipan hewan di Yogya terutama di Jogja Veteriner dan Klinik Hewan Kayu Manis mulai ramai terutama mahasiswa yang akan mudik. Umumnya mereka tidak tega jika harus meninggalkan hewan kesayangannya di kos maupun di rumah. Walaupun harus mengeluarkan biaya yang tidak murah namun mereka lebih tenang selama mudik karena hewan piaraannya dirawat dengan baik.

Salah satu dokter hewan di Jogja Veteriner, drh Painem dan drh Puji mengatakan sampai dengan Selasa kemarin sudah 10 orang pesan tempat untuk menitipkan hewan piaraannya. Hewan yang akan dititipkan kebanyakan adalah kucing, anjing dan kelinci. Mereka booking tempat sampai beberapa hari setelah Lebaran baru akan diambil. ”Kami juga melayani antar jemput untuk yang tinggalnya jauh,” tandasnya di Klebengan, Depok, Sleman. Hewan yang dititipkan minimal memenuhi syarat milik sendiri, sudah divaksin, sehat, bebas kutu dan caplak, membayar uang muka 50 persen dan mengisi informasi hewan di kartu status pasien.

Pemilik juga harus mengisi biodata pemilik dan nomor kontak serta menandatangani surat pernyataan penitipan. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada hewan-hewan itu karena pemilik yang lebih tahu. Untuk biaya penitipan di Jogja Veteriner kucing kitten Rp 30 ribu/hari, dewasa Rp 40 ribu/hari, induk dan anak Rp 60 ribu/hari. Sedangkan anjing berat badan di bawah 10 Kg Rp 45 ribu/hari, 10-15 Kg Rp 50 ribu/hari, sedang 15-20 Kg Rp 60 Kg/hari. Mereka akan mendapatkan general check up, monitoring, vaksin & deworming (anti kutu) serta makan 2 kali sehari dan gratis grooming (mandi) dan suntik anti kutu.

Di Klinik Hewan Kayu Manis Jl Gambiran 52 Yogya sudah ada 20 orang yang pesan tempat penitipan hewan. Biasanya kucing dan anjing diantarkan pemiliknya H-1 Lebaran. Menurut drh Novi, biasanya hewan-hewan ini mudah stres saat berpisah dengan pemiliknya. Karena itu, ia harus memisahkan hewan yang sehat dan sakit termasuk stres. Biaya penitipan kucing pada H-7 sampai H+7 Rp 30 ribu per hari dan anjing berdasarkan berat badan dengan rata-rata Rp 30-35 ribu per hari. Agar tidak rewel banyak para pemilik yang menyertakan barang-barang kesukaan hewan-hewan itu, seperti bantal. Ya, kucing juga ada yang suka bantal. ”Dalam masa penyesuaian ini mereka sering stres sehingga harus dipisahkan yang sakit dan sehat,” ujarnya. Sebagai klinik hewan pihaknya tidak hanya menerima hewan yang sehat tapi juga sakit untuk dirawat. Bahkan, fasilitas rawat inap juga disediakan untuk hewan yang penyakitnya serius. (Anik/Warisman)-z

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: